Ringkasan Risalah Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan

PT PELITA SAMUDERA SHIPPING Tbk
Berkedudukan di Jakarta
(“Perseroan”)
PEMBERITAHUAN
RINGKASAN RISALAH RAPAT UMUM PEMEGANG SAHAM (RUPS) TAHUNAN

Direksi Perseroan dengan ini mengumumkan bahwa Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (”Rapat”) perseroan, yang diselenggarakan pada Rabu, 09 Mei 2018, bertempat di Ritz Carlton Mega Kuningan, Jl. DR. Ide Anak Agung Gde Agung Kav.E.1.1 No.1, Mega Kuningan, Jakarta – 12950. Rapat dibuka pada pukul 10.11 WIB dan ditutup pada pukul 11.10 WIB.

Dengan agenda sebagai berikut:

  1. Persetujuan Laporan Tahunan Perseroan termasuk di dalamnya laporan kegiatan Perseroan, laporan pengawasan Dewan Komisaris serta pengesahan Laporan Keuangan Perseroan Audited.
  2. Persetujuan Penggunaan Laba Perseroan untuk Tahun Buku yang berakhir di 31 Desember 2017.
  3. Penetapan Gaji dan Tunjangan dan/atau Penghasilan Lainnya untuk Anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan untuk tahun buku 2018.
  4. Penunjukan Akuntan Publik untuk mengaudit laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku 2018.
  5. Laporan pertanggungjawaban realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum.
  6. Perubahan Susunan Dewan Komisaris Perseroan.

A. Rapat dihadiri oleh anggota Dewan Komisaris dan Direksi sebagai berikut :

  1. Bapak Hamid Awaluddin, Komisaris Utama Independen
  2. Bapak Adi Harsono, Komisaris Independen
  3. Bapak Berty Ekel, Komisaris
  4. Bapak Chavalit Tsao, Komisaris
  5. Bapak Iriawan Ibarat, Direktur Utama
  6. Bapak Harry Tjhen, Direktur
  7. Ibu Helena Adnan, Direktur Independen
  8. Bapak Setya Rahadi, Direktur
  9. Ibu Yolanda Watulo, Direktur

B. Kuorum Kehadiran Para Pemegang Saham.

Rapat dihadiri oleh para pemegang saham dan/atau kuasanya sebanyak  4.895.937.200 saham yang merupakan 97,3347 % dari 5.030.000.000 saham yang merupakan seluruh saham yang telah dikeluarkan atau ditempatkan oleh Perseroan, karenanya ketentuan mengenai kuorum Rapat sebagaimana diatur dalam pasal 23 ayat 1 (a) Anggaran Dasar Perseroan dan Pasal 86 ayat 1  Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas telah terpenuhi.

C. Kesempatan Tanya Jawab.

Kepada pemegang saham dan/atau kuasanya yang hadir dalam Rapat diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, pendapat, usul dan/atau saran yang berhubungan dengan Agenda Rapat yang dibicarakan, dengan mekanisme mengangkat tangan dan menyerahkan formulir pertanyaan.

Ada seorang pemegang saham dengan kepemilikan sebanyak 3.000 saham yang mengajukan pertanyaan pada Agenda Rapat Ketiga.

D. Mekanisme Pengambilan Keputusan.

Mekanisme pengambilan keputusan dilakukan secara lisan dengan meminta kepada pemegang saham dan/atau kuasanya untuk mengangkat tangan bagi yang memberikan suara tidak setuju dan abstain, sedangkan yang memberikan suara setuju tidak diminta mengangkat tangan. Suara abstain dianggap mengeluarkan suara yang sama dengan suara mayoritas para pemegang saham yang mengeluarkan suara.

E. Keputusan Rapat.

Hasil pengambilan keputusan yang dilakukan melalui pemungutan suara, sebagai  berikut :

Agenda I

Tidak ada yang memberikan suara tidak setuju maupun suara abstain (blanko), dengan demikian Rapat secara musyawarah untuk mufakat, menyetujui :

  1. Menerima baik dan menyetujui Laporan Tahunan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2017 termasuk Laporan Direksi dan Laporan Tugas Pengawasan Dewan Komisaris Perseroan selama tahun buku 2017.
  2. Menyetujui dan mengesahkan Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2017 yang telah diaudit oleh KAP Tanudiredja, Wibisana, Rintis & Rekan sesuai dengan laporannya No. A180315007/DC2/YSR/2018 tanggal 15 Maret 2018  dengan pendapat wajar dalam semua hal yang material (wajar tanpa modifikasian) serta memberikan pembebasan dan pelunasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et decharge) kepada seluruh anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan selama tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2017, sepanjang tindakan-tindakan mereka tersebut tercermin dalam Laporan Tahunan dan Laporan Keuangan Perseroan.

Agenda II

Tidak ada yang memberikan suara tidak setuju maupun suara abstain (blanko), dengan demikian Rapat secara musyawarah untuk mufakat, menyetujui :

Penggunaan laba bersih tahun berjalan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2017 sebesar  USD 3,9 juta, sebagai berikut :

  1. Menetapkan penyisihan untuk dana cadangan Perseroan sesuai dengan Pasal 70 ayat (1) Undang-Undang Perseroan Terbatas sebesar Rp.10.100.000.000,-
  2. Menetapkan pembagian dividen sebesar Rp.25.150.000.000,- yang akan dibagikan kepada para pemegang saham dalam bentuk dividen tunai sebesar Rp.5,- per saham, yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada tanggal  22 Mei 2018 pada pukul 16.00 WIB (“Recording Date”), dengan memperhatikan peraturan PT Bursa Efek Indonesia untuk perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia, dengan catatan bahwa untuk saham Perseroan yang berada dalam penitipan kolektif, berlaku ketentuan sebagai berikut:
    • Cum Dividen Tunai di Pasar Reguler dan Negosiasi pada  tanggal 17 Mei
    • Ex Dividen Tunai di Pasar Reguler dan Negosiasi pada tanggal 18 Mei 2018;
    • Cum Dividen Tunai di Pasar Tunai pada tanggal 22 Mei 2018;
    • Ex Dividen Tunai di Pasar Tunai pada tanggal 23 Mei 2018;

Pembayaran dividen tunai kepada para pemegang saham yang berhak akan dilaksanakan selambatnya pada tanggal 08 Juni 2018.

  1. Menetapkan sisa laba bersih tahun berjalan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2017 dicatat sebagai laba yang ditahan oleh Perseroan.
  2. Memberikan kuasa kepada Direksi Perseroan untuk melaksanakan segala sesuatunya sehubungan dengan pembagian dividen tersebut di atas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Agenda III

Tidak ada yang memberikan suara tidak setuju maupun suara abstain (blanko), dengan demikian Rapat secara musyawarah untuk mufakat, menyetujui :

  1. Melimpahkan wewenang kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menentukan gaji dan tunjangan lainnya dari para anggota Direksi Perseroan.
  2. Memberikan kuasa kepada Komisaris Utama untuk menetapkan besarnya honorarium dan tunjangan lainnya bagi para anggota Dewan Komisaris Perseroan.

Agenda IV

Tidak ada yang memberikan suara tidak setuju maupun suara abstain (blanko), dengan demikian Rapat secara musyawarah untuk mufakat, menyetujui :

Mendelegasikan wewenang kepada Dewan Komisaris Perseroan untuk menunjuk Akuntan Publik dan Kantor Akuntan Publik yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan dan memiliki reputasi yang baik yang akan melakukan audit atas Laporan Keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2018 dengan memenuhi kriteria-kriteria akuntan publik yang telah dijelaskan sebelumnya dalam Rapat dan memberi wewenang kepada Direksi Perseroan untuk menetapkan besarnya honorarium Kantor Akuntan Publik tersebut serta persyaratan lain sehubungan dengan penunjukan tersebut.

Agenda V

Tidak dilakukan pengambilan keputusan karena Agenda Rapat Kelima hanya bersifat laporan.

Agenda VI

Tidak ada yang memberikan suara tidak setuju maupun suara abstain (blanko), dengan demikian Rapat secara musyawarah untuk mufakat, menyetujui :

  1. Mengubah susunan anggota Dewan Komisaris Perseroan, sehingga untuk selanjutnya susunan Dewan Komisaris dan Direksi Perseroan terhitung sejak ditutupnya Rapat sampai dengan ditutupnya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan pada tahun 2022, menjadi sebagai berikut :

DEWAN KOMISARIS

Komisaris Utama Indpenden : Bapak Hamid Awaluddin

Komisaris Independen : Bapak Adi Harsono

Komisaris : Bapak Chavalit Tsao

 

DIREKSI

Direktur Utama : Bapak Iriawan Ibarat

Direktur : Bapak Harry Tjhen

Direktur : Ibu Yolanda Watulo

Direktur : Bapak Setya Rahadi

Direktur Independen : Ibu Helena Adnan

  1. Memberikan kuasa dan wewenang dengan hak subtitusi kepada Direksi Perseroan untuk melakukan segala tindakan yang diperlukan sehubungan dengan perubahan susunan anggota Dewan Komisaris Perseroan tersebut.

Jakarta 14 Mei 2018
PT Pelita Samudera Shipping Tbk
Direksi Perseroan